Apa Ciri-Ciri Kelompok Reptilia dan Sebutkan Contoh & Pengelompokannya


Ciri-ciri umum Reptilia sebagai berikut :

  • Jantung terbagi menjadi empat ruangan yang terdiri atas atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri. 
  • Pada umumnya bersifat ovipar yaitu ber kembang biak dengan bertelur. Namun, ada juga yang bersifat ovovivipar ber kembang biak dengan cara bertelur melahirkan, misal pada beberapa jenis kadal dan ular. 
  • Fertilisasinya secara internal dan per kembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya 
  • Alat geraknya dapat berupa kaki seperti cecak dan buaya, ada juga yang bergerak menggunakan perutnya seperti ular. 
  • Permukaan tubuhnya ditutupi oleh kulit kering bersisik 
  • Bersifat poikiloterm (berdarah dingin).  
Reptilia digolongkan dalam beberapa jenis,seperti bangsa kadal,bangsa kura-kura,bangsa buaya,dll. Reptilia dibedakan menjadi empat ordo berikut:

1. Squamata
Terdiri atas dua subordo berikut :
  1. Lacertilia (bangsa kadal), mempunyai empat tungkai. Contoh kadal (Eutropis multifasciata) dan bunglon (Bronchocela jubata). 
  2. Ophidia (bangsa ular), tidak mem punyai tungkai dan antara rahang atas dengan rahang bawah tidak mempunyai sendi. Contoh piton (Phyton reticulatus). 
2. Testudinata (bangsa kura-kura dan penyu)
Tubuh dilindungi oleh karapaks di bagian atas dan plastron di bagian bawah, tidak mempunyai gigi, serta rahangnya dilapisi zat tanduk. Contoh penyu hijau (Chelonia mydas). 

3. Crocodilia (bangsa buaya)
Mempunyai kulit tebal, rahang kuat, serta pada lubang hidung dan telinga terdapat klep yang dapat menutup ketika berada di dalam air. Contoh buaya muara (Crocodilus porosus).

4. Rhynchocephalia
Merupakan ordo yang paling primitif. Contoh tuatara (Sphenodon punctatus).

Buka Komentar