Ciri-Ciri Pakai Adat Bali Lengkap dan Jenis-Jenisnya

Pakaian adat Bali memiliki ciri khas pakaian yang unik dan menjiwai karakter budaya lokal Bali itu sendiri. Pakaian yang digunakan antara pria dan wanita berbeda, mulai dari bahan-bahan, model/bentuk, dan aksesoris sebagai pelengkap pakaian tersebut. Aksesorisnya tidak hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja, tetapi sudah menjadi tradisi untuk menggunakannya dalam keseharian. 


Pakaian adat Bali tidak hanya memiliki satu jenis saja akan tetapi terdapat beberapa jenis pakaian adat Bali. Berikut jenis pakai adat Bali.

Jenis Pakai Adat Bali

1. Baju Safari 
Merupakan baju adat Bali yang dikenakan oleh kaum laki-laki. Bentuk baju safari adalah seperti kemeja pada umumnya, dan komplit disertai dengan kerah dan kancing. Terdapat juga saku yang dibuat di bagian kiri atau kanan. Warna Baju Safari identik dengan bersih, sehingga warna untuk kemeja yang tepat adalah putih bersih. 

2. Udeng 
Merupakan nama lain dari ikat kepala atau penutup kepala yang dikenakan bersama dengan baju adat bali. Ikat kepala ini menjadi sesuatu yang spesial bagi masyarakat Bali. Selain udeng digunakan bersamaan dengan baju khas Bali, udeng juga dipakai ketika penduduk beribadah di dalam candi. 

Buka Komentar