Apa Pengertian Dari Chauvinisme​? Arti, Makna, & Contoh Chauvinisme

Share:

Chauvinisme adalah suatu kesetiaan kepada pihak atau keyakinan tanpa mau mempertimbangkan pandangan lain sebagai alternatif. Chauvisme adalah sikap yang hanya percaya dan menganggap satu pandangan saja tanpa memandang/memikirkan baik buruknya pandangan lain. 

Chauvinisme hampir sama seperti sikap egois yang mementingkan diri sendiri. Istilah ini banyak digunakan pada masa sebelum perang dunia 1 usai  yang merupakan pandangan agresif yang dimiliki kaum pria terhadap kaum wanita pada waktu itu. Pada saat ini istilah chauvinisme sudah jarang digunakan dan bahkan hanya sedikit orang yang mengerti arti sebenarnya.

Arti Chauvinisme dalam Pelajaran PPKn

Dalam materi PPKn atau IPS chauvinisme identik dengan bangsa/negara karena ada istilah chauvinisme nasionalisme yaitu suatu pandangan seseorang yang percaya kepada negaranya bahkan sampai rela mati. Sikap ini cenderung kearah fanatisme yang menganggap bahwa negara lain lebih rendah dan negaranya yang hebat dan berkedudukan lebih tinggi. 

Contohnya seperti warga jerman pada saar dipimpin oleh Hitler partai NAZI mereka memiliki sikap chauvinisme nasionalisme sehingga mau melakukan apa saja yang diperintahkan oleh Hitler. Jadi pendek kata, chauvinisme adalah pandangan seseorang tentang suatu hal yang dianggap sangat fanatik terhadap pandangan tersebut.

Buka Komentar