Lirik dan Arti Makna Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Lagu cublak-cublak suweng merupakan lagu tradisioanal dari Jawa Tengah. Lagu ini dikarang oleh Sunan Giri. Lagu cublak-cublak suweng biasanya dinyanyikan oleh anak-anak sambil bermain. Bukan hanya digunakan sebagai pengiring dalam bermain ternyata lagu ini juga memiliki arti makna yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sayangnya sudah banyak anak yang mungkin sudah tidak hafal atau bahkan tidak tahu tentang lagu daerah ini. Berikut lirik lagu cublak-cublak suweng.Brainly

Lirik Lagu Cublak-Cublak Suweng

Cublak cublak suweng
Suwenge ting gelèntèr
Mambu ketundhung gudèl
Pak empong lera-léré
Sapa ngguyu ndelikkaké
Sir sir pong dhelé kopong
Sir sir pong dhelé kopong

Makna singkat lagu cublak-cublak suweng

Barta benda bukanlah suatu hal yang lantas dapat membahagiakan manusia. Harta sejati atau kebahagiaan ada di mana-mana dan dimulai dengan hati nurani. Kita bisa mencari harta tersebut dimanapun namun harta yang sejati ialah kebahagiaan.

Arti/Makna Lagu per Baris


1. Cublak-cublak suweng 
Cublak suweng = tempat suweng (telinga). Suweng adalah anting perhiasan wanita Jawa. Jadi Cublak-Cublak Suweng artinya ada tempat harta berharga, yaitu Suweng ( suwung, sepi, sehati) atau harta sejati.

2. Suwenge teng gelenter 
Suwenge teng gelenter artinya suweng jatuh berserakan. Harta sejati itu berupa kebahagiaan sejati sebenarnya sudah ada berserakan disekitar manusia.

3. Mambu Ketundhung gudel 
Mambu (baunya) ketundhung (dituju/disangka) gudel (anak kerbau) maknanya banyak orang yang berusaha mencari harta sejati itu. Bahkan orang- orang bodoh ( diibaratkan gudel ) mencari harta itu dengan penuh nafsu ego, dengan korupsi dan serakah.

4. Pak empo lera lere 
Pak empo (bapak ompong) lera-lere (menengok kiri kanan/lihat-lihat) orang-orang bodo itu seperti orang ompong yang kebingungan dengan harta, meskipun hartanya melimpah ternyata harta itu palsu , bukan harta sejati atau kebahagiaan sejati. Mereka kebingungan karena dikuasai oleh hawa nafsu keserakahannya sendiri. 

5. Sopo Ngguyu ndelikake 
Sopo ngguyu (siapa tertawa) ndelikake (menyembunyikan) artinya orang yang memiliki harta tersebut akan selalu tersenyum walaupun ia berada diantara orang-orang serakah yang memiliki harta palsu. 

6. Sir-Sir pong dele kopong 
Sir (hati nurani) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi) . Artinya didalam hati nurani yang kosong. Untuk mendapatkan harta sejati seseorang harus membersihkan dirinya dari sifat serakah, menyingkirkan ego, dan hawa nafsu duniawi. Ia harus bisa menahan diri dan memurnikan hati nuraninya.

Buka Komentar