Pengertian Teks Persuasi, Contoh dengan Struktur-Strukturnya Lengkap

Share:

Pengertian dan Struktur Teks Persuasi Bahasa Indonesia

1. Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi adalah teks yang mengemukakan pendapat yang bisa mengantarkan/mengajak pembaca untuk mau mengikuti bujukan atau ajakan dari penulis.

2. Struktur Teks Persuasi

  1. Pengenalan isu yaitu berupa berupa pengantar mengenai masalah yang menjadi dasar tulisan 
  2. Argumen berisi mengenai fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumennya itu. 
  3. Pernyataan ajakan  yaitu pernyataan yang berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan. 
  4. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya dan merupakan jawaban atas pertanyaan "Teks persuasi tersebut mengajak untuk apa?" 

3. Contoh dengan Strukturnya

1. Pengenalan Isu
     Negeri Indonesia kaya akan tradisi dan ragam kesenian termasuk permainan tradisional. Buku Statistik Kebudayaan yang dikeluarkan Kemendikbud RI tahun 2016 mencatat setidaknya terdapat 424 permainan tradisional yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ragam permainan tersebut memiliki nilai-nilai luhur, seperti kekompakan, kejujuran, dan mencintai alam.

Baca juga : 5 Contoh Teks Persuasi Bahasa Indonesia

2. Argumen
     Mayoritas permainan tradisional mengajarkan kebersamaan dan membangun relasi sosial karena tidak bisa dimainkan sendiri. Hingga kini sejumlah permainan tradisional masih hidup dalam masyarakat. Layang-layang merupakan jenis permainan paling populer, diikuti petak umpet, kelereng, congklak, dan main tali. Sekolah dan keluarga harus memberikan tempat untuk melestarikan permainan yang lahir dari kreativitas masyarakat dan alam sekitar tersebut. Apalagi, perkembangan teknologi dan internet, seperti gawai dan playstation yang lebih individual cara bermainnya perlahan-lahan mulai menggeser permainan tradisional dari dunia anak-anak. 

3. Pernyataan Ajakan 
     Oleh karena itu, kita perlu untuk melestarikan kembali permainan-permainan tradisional untuk mempertahankan kebudayaan kita yang hampir ditinggalkan oleh generasi-generasi muda saat ini, terutama bagi anak-anak. Permainan-permaian tradisional akan menjadi salh satu daya tarik bagi wisatawan, terutama wisatawan asing mancanegara. 

4. Penegasan Ulang
     Permainan tradisional memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus. Permainan tradisional, bagian dari kebudayaan kita. Kebudayaan yang memiliki nilai-nilai luhur akan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Buka Komentar