Perkembangan Awal Seni Rupa Modern Beserta Penjelasan Periodisasinya

Share:

Seni rupa modern sudah berkembang sejak sebelum abad 19.  Perkembangan seni rupa modern di Indonesia ini tak lepas juga dari pengaruh luar. Ada banyak tokoh yang mempelopori perkembangan seni rupa modern yang telah terbagi dalam beberapa periodesasi. Berikut ini awal perkembangan seni rupa modern dalam beberapa periodesasi :

Awal Perkembangan Seni Rupa Modern di Indonesia

1. Periode perintis (1826 – 1880)


Periode perintis ini dimulai dari seorang seniman yang sudah terkenal dengan beberapa lukisannya, ia ialah Raden Saleh Syarif Bustaman. Raden Saleh belajar melukis di Eropa dan menanamkan pondasi seni rupa modern di Indonesia. Lukisan yang terkenal adalah "Merapi". Ia memiliki corak lukisan romantisme dan naturalisme.

2. Periode Mooi Indie 

Periode ini kerap disebut sebagai periode Indonesia jelita atau Hindia molek. Banyak pelukis yang terkenal pada periode ini, seperti Mas Pirngadi, Wakidi, Abdullah Suriosubroto, Basuki Abdullah. Periode Mooi Indie memiliki ciri khas yaitu pengambilan objek alam yang indah, tidak mencerminkan nilai jiwa yang merdeka, teknik melukis tidak dibarengi dengan nilai spiritual yang menonjol dan banyak menonjolkan erotisme saat melukis objek manusia. 

3. Periode Persagi (Persatuan Ahli Gambar Indonesia) 

Periode ini adalah berisikan perkumpulan para pelukis yang berusaha menyaingi lembaga kesenian asing Kunstring.  Ciri periode persagi anatara lain :
  1. Mengedepankan nilai psikologis
  2. Mengangkat tema perjuangan
  3. Tidak terikat objek alam
  4. Mengedepankan kepribadian Indonesia
  5. Dilandasi semangat keberanian

4. Periode pendudukan Jepang 

Ketika menjajah Indonesia, Jepang mendirikan Keimin Bunka Shidoso atau lembaga kesenian Indonesia - Jepang. Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar D dan KH Mansyur kemudian mendirikan Putera di tahun 1943 yang tujuannya untuk memperhatikan perkembangan seni dan budaya Indonesia. 

5. Periode sanggar (1945 – 1950) 

Pada periode ini banyak berdiri perkumpulan atau sanggar – sanggar lukis, di antaranya yang sangat terkenal adalah Seniman Indonesia Muda (SIM), Perkumpulan Pelukis Rakyat, Prabangkara, Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar dan seni rupa di ITB. 

6. Periode modern 

Periode ini dianggap sebagai salah satu periode emas seni rupa modern Indonesia karena memiliki banyak sekali pelukis yang sangat terkenal yang mampu menghasilkan karya – karya emas. Periode modern adalah masa saat ini di mana para pelukis dengan bebas mengekspresikan ide yang mereka miliki. Tidak ada batasan dalam berekspresi melalui lukisan.

Buka Komentar