4 Macam Jenis Pegangan Raket dalam Bulutangkis (Forehand, Backhand, American, Combination Grip)

Share:

Bulutangkis atau sering juga disebut Badminton adalah sebuah olahraga yang menggunakan raket untuk memukul shuttlecock bertujuan supaya jatuh diarea lawan. Permainan ini bisa dilakukan oleh laki-laki dan perempuan dengan 2 tim baik itu tunggal, ganda, maupun campuran.


Ada beberapa teknik pegangan raket yang perlu kalian ketahui sebelum bermain bulu tangkis. Jenis pegangan ini berbeda-beda sesuai dengan fungsi tujuannya. Berikut 4 jenis teknik memegang raket dalam bulutangkis.

Jenis Pegangan Raket Bulutangkis

1. Forehand Grip

Merupakan teknik cara memegang raket secara miring lalu kemudia raket dipegang menggunakan tangan (seperti orang bersalaman) dimana letak ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf V. Dalam teknik ini pegangan tidak boleh berubah.

2. Backhand Grip

Teknik dengan memengang raket hampir sama dengan Forehand Grips, yang membedakannya adalah posisi raket yang seperempat diputar lebih masuk kedalam.

3. Amecan Grip

Adalah teknik dengan cara memegang raket dimana posisi ibu jari melingkar dan menyentuh jari telunjuk. Teknik ini biasa digunakan ketika akan melakukan Smash.

4. Combination Grip

Merupakan teknik memegang raket menggunakan kombinasi dari ketiga teknik sebelumnya, yaitu Forehadn, Backhand, dan American Grip menyesuaikan keadaan dan kondisi shuttlecock.

Nah itu dia 4 macam jenis pegangan raket yang perlu kalian pelajari sebelum bermain bulutangkis. Sebelum bermain bulu tangkis sebaiknya kalian lakukan pemanasan dulu ya :)

Buka Komentar