7 Definisi Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Hubungan internasional sangatlah penting dala hubungan antar negara. Hubungan internasional ini menyangkut hubungan antara 2 atau lebih negara dalam kawasan atau secara internasional. Ada banyak defisini dari hubungan internasional itu sendiri, berikut ini definisi pengertian hubungan internasional menurut para ahli.


8 Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

1. J.C. Johari

Hubungan internasional adalah sebuah studi yang berisi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga tentang pelaku-pelaku non pelosok (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak bersama dengan tugas-tugas negara.

2. Warsito Sunaryo

Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi politik luar negeri sampai dengan daerah pelosok.

3. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional merupakan studi sistematis mengenai fenomena-fenomena yang dapat diamati dan mencoba mendapatkan variabel-variabel dasar untuk menerangkan perilaku serta mengungkapkan karakteristik atau tipe hubungan antara unit-unit sosial.

4. Tygve Nathiessen

Hubungan internasional merupakan bagian dari politik karena itu komponen-komponen hubungan internasional meliputi politik luar negeri, organisasi, dan administrasi internasional, serta hukum internasional. 

5. Mochtar Mas’oed

Hubungan internasional adalah hubungan yang sangat kompleksitas dan menyeluruh karena didalamnya terdapat/terlibat bangsa-bangsa yang tiap-tiap berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit untuk pada hubungan antar kelompok.


6. Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

7. Anonymous

Hubungan internasional adalah studi hubungan tentang unit-unit sebagai bentuk inter-relasi bagian-bagian pada umumnya mengacu pada sistem innere negara-negara. Dalam hal sekarang diakui adanya peranan-peranan aktor-aktor non states seperti PBB, MNC, kelompok teroris tetapi tidaklah sepenting state/negara.

8. Para Tradisionalis

Hubungan internasional serupa dengan diplomasi dan strategi dan kerjasama dan konflik/secara lebih sederhana hubungan internasional merupakan studi atas perang dan damai. 

Buka Komentar