Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Nefritis/Peradangan Ginjal

Penyakit nefritis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada ginjal dan kerusakan pada nefron. Nefritis juga disebut radang ginjal. Nefritis atau peradangan ginjal yaitu kerukan pada fungsi ginjal karena ginjal sudah tidak bisa menyaring dan membuang sisa metabolisme yang baik pada tubuh. Karena terjadi pembengkakan akibat menumpukan cairan sisa pada tubuh.


Nefritis mengakibatkan urine yang dihasilkan tidak sempurna dan bisa menyebabkan uremia dan edema. Ada gejala dan ciri-ciri jika seseorang mengalami peradangan ginjal. Berikut ini gejala dan ciri-ciri penyakit nefritis.

Gejala & Ciri-Ciri Nefritis

Gejala Nefritis :

  1. Sakit kepala
  2. Sakit punggung
  3. Deman
  4. Mengeluh rasa dingin
  5. Bengkak pada kelopak mata
  6. Sulit buang air kecil
  7. Ada nanah dalam urin
  8. Nyeri pada saat buang air kecil
  9. Muntah-muntah
  10. Warna urin keruh
Selain gejala-gejala diatas, untuk mengetahui seseorang menderita penyakit nefritis bisa dilakukan dengan pengecekan urin, berikut ciri-ciri urin penderita nefritis : 

Ciri-Ciri Penyakir Nefritis

Jika dilakukan pemeriksaan urin maka akan terdapat nanah dalam urin, kandungan protein sangat sedikit, terdapat sel darah merah, eosinofil (sejenis sel darah putih) jarang ditemukan namun jika ditemukan kemungkinan karena reaksi alergi untuk mengetahui secara pasti bisa dilakukan biosi ginjal.

Buka Komentar