Helicopter Sebaiknya Terbang Pada Ketinggian/Lapisan Atmosfer?

Atmosfer memiliki beberapa lapisan, lapisan tersebut memiliki perbedaan mulai dari ketinggian, kadar oksigen, dan fungsinya. Nah tahukan kalian bahwa ketinggian terbang dari pesawat komersil, pesawat baling, dan helikopter berbeda-beda. Hal ini berkaitan dengan oksigen yang ada diatas sana. 

Pesawat baling pada umumnya terbang dibawah pesawat jet, dengan ketinggian sekitar 3-4 km. Karena tidak memiliki kabin bertekanan untuk melindungi awak pesawat. Karena diketinggian 5 km keatas kandungan oksidegn bisa sangat rendah dapat dibawah 30% dibanding permukaan laut. 


Jadi helicopter atau pesawat baling sebaiknya terbang diketinggian 3-4km diatas permukaan laut atau berada dilapisan Thropophere. Jika masih memaksa lebih tinggi maka awak akan mengalami Hypoxia. 

Kenapa helicopter terbang lebih rendah daripada pesawat jet komersil?

Helikopter mengunakan baling-baling untuk mengangkat badannya. Semakin tinggi helicopter terbang, kekuatan daya angkat baling semakin berkurang. Maka dibutuhkan mesin dan bahan bakar yang banyak untuk membawa helikopter terbang melebihi batas, namun pada umumnya helikopter terbang diketinggian 3000m tanpa kehilangan tekanan oksigen didalam kabin.

Buka Komentar