Kenampakan Alam Daratan & Perairan Beserta Ciri-Cirinya

Share:

Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada dialam dan terbentuk secara alami melalui peristiwa alam. Kenampakan alam ini bukanlah hasil/campur tangan manusia. Kenampakan alam dapat kita lihat dipermukaan bumi. Kenampakan alam ada 2 yaitu daratan dan perairan.

Kenampakan alam daratan adalah kenampakan alam yang ada didaratan, contohnya gunung, jurang, lembah, bukit,dll. Kenampakan perairan adalah kenampakan alam yang mengandung perairan, contohnya danau, rawa, sungai, dll.

Contoh Kenampakan Alam Daratan dan Ciri-Cirinya


1. Gunung 
Gunung adalah bentuk muka bumi yang menjulang tinggi lebih dari 600 mdpl (meter dibawah permukaan laut). Contoh kenampakan alam gunung adalah gunung Merapi, gunung Merbabu dan gunung Jayawijaya

 2. Pegunungan 
Pegunungan adalah deretan gunung yang saling bersambungan. Contoh pegunungan yaitu pegunungan Menoreh dan pegunungan Jayawijaya.

3. Lembah 
Lembah adalah cekungan di permukaan bumi. Lembah biasanya terletak dibawah kaki gunung, bisa terbentuk akibat dari pengikisan aliran air. 

4. Pantai
Pantai merupakan batas wilayah daratan dan laut. Ada pantai landai berpasir dan ada pula pantai yang curam bebatuan. Indonesia memiliki banyak pantai-pantai yang indah, seperti pantai Kuta di Bali, pantai Parangtritis di Yogyakarta,dll.

5. Dataran tinggi 
Dataran tinggi adalah dataran luas yang relatif rata pada ketinggian lebih dari 400 mdpl. Dataran tinggi umumnya dimanfaatkan untuk perkebunan dan menanam sayuran. Contoh dataran tinggi adalah dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Contoh Kenampakan Alam Perairan dan Ciri-Cirinya

1. Danau 
Danau merupakan cekungan luas di daratan yang berisi air. Danau dapat terbentuk secara alami atau sengaja dibuat manusia. Danau tergambar pada peta dengan simbol area berwarna biru. Contoh danau di Indonesia antara lain danau Toba dan danau Tempe. 

2. Sungai 
Sungai merupakan aliran air tawar yang bermuara di laut atau danau. Sungai mengalir dari tempat tinggi (hulu) menuju tempat rendah (hilir). Sungai dimanfaatkan untuk keperluan irigasi, transportasi,  budidaya ikan,dan PLTA. 

3. Rawa 
Rawa merupakan perairan yang airnya menggenang dalam keadaan dangkal. Rawa di Indonesia dapat ditemukan di daerah pantai Riau, Sumatra Selatan, Kalimatan, dan Papua. Rawa di Indonesia umumnya berada di dekat pantai.

4. Teluk 
Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke darat. Dengan demikian ketiga sisinya dibatasi oleh daratan. Teluk dimanfaatkan untuk membuat pelabuhan. Pada peta kenampakan teluk ditunjukkan dengan simbol TI.

5. Selat 
Selat adalah laut sempit yang berada di antara dua pulau. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga memiliki banyak selat. Antara lain selat Sunda dan selat Bali. Selat pada peta tergambar dengan warna biru.

Buka Komentar