Pengertian dan Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial (Lengkap) Sifat, Syarat, dan Contoh

Interaksi sosial merupakan hubungan antar orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Interaksi sosial akan terjadi apabila dalam masyarakat atau komunitas saling melakukan kontak sosial atau komunikasi.

Kontak ini dapat berupa kontak positif dan negatif. Jika positif maka akan mengarah pada kerjasama sedangkan negatif akan mengarah pada perselisihan atau pertentangan. Ada macam-macam bentuk Interaksi Sosial, yaitu :

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

1. Bentuk Interaksi Asosiatif

Interaksi Asosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini mengarah kepada kontak sosial positif dan kesatuan pandangan. Pembagian bentuk interaksi asosiatif :
  • Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama.
  • Akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya.
  • Asmiliasi adalah suatu cara untuk bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan.

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif


Interaksi Disosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini menyebabkan kontak sosial negatif, konflik, serta perenggangan solidaritas kelompok.
  • Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang bersaing untuk mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu.
  • Kontravensi adalah sikap mental bersifat negatif yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.
  • Pertentangan (konflik) adalah suatu proses di mana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan. Baca juga : Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial?

Syarat dan Contoh Interaksi Sosial

Sarat terjadinya interaksi sosial yaitu :

  1. Adanaya objek yaitu manusia
  2. Adanya Tindakan social
  3. Adanya Kontak social
  4. Adanya Komunikasi

Contoh interaksi sosial :

Antar Individu
- Interaksi antara kita dengan teman
- Penjual dengan pembeli
- Bos dengan karyawanya

Antar Kelompok
- Negara satu dengan negara lain
- Lembaga pemerintahan dengan rakyat

Buka Komentar