Pengertian dari Majas Hiperbola adalah? Contoh Majas Hiperbola

Pengertian Majas Hiperbola

Majas Hiperbola adalah majas yg pengungkapannya melebih-lebihkan (hiper) kenyataannya sehingga kenyataan tersebut tidak masuk akal. Atau majas yang mengungkapkan gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlebihan. Majas hiperbola merupakan  majas yang mengandung suatu pernyataan yang berlebihan (hiper) atau membesar-besarkan suatu hal.


Contoh Majas Hiperbola

➭ "Harga beras mencekik leher setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak"Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, kesan berlebihan didapat dari pilihan kata "mencekik leher".

➭ "Darah korban pembunuhan itu membanjiri tanah"Kesan melebih-lebihkan dalam kalimat ini adalah pada kata "membanjiri tanah".

➭ "Suaramu memecahkan gendang telingaku"Kata "memecahkan" gendang telinga sangat berlebihan. Meskipun keras, tidak mungkin suara teriakan teman sampai memecahkan gendang telinga. Jadi, termasuk majas hiperbola.

➭ "Sampah-sampah di Kota Jakarta bertumpuk setinggi gunung"Contoh di atas merupakan majas metafora. Meskipun banyak, sampah itu belum tentu setinggi gunung.

Buka Komentar