Teknik Dasar Permainan Bola Voli (Service, Passing, Smash, Blocking)

Share:

Permainan Bola Voli merupakan olahraga permainan yang mempertandingkan 2 team untuk saling beradu ketangkasan dalam memenangkan pertandingan. Permainan bola voli ini lebih banyak menggunakan peran tangan daripada kaki, berbeda dengan sepak bola. Dalam bermain bola voli kita harus menjaga supaya daerah kita tidak kemasukan poin lawan.

Dalam suatu permainan pasti ada cara bermain serta tekniknya. Permainan bola voli memiliki 4 teknik dasar yang perlu kalian pelajari sebelum melakuakn permainan bola voli. Berikut ini teknik dasar pertandingan bola voli

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

4 Teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli yaitu teknik service, passing, smash, dan blocking.

1. Service


Servis/service merupakan pukulan permulaan ke arah area lawan guna untuk memulai permainan. Service dilakukan untuk memulai permainan bola voli. Service dilakukan dibelakang, di daerah service bola. Ada beberapa variasi dalam melakukan teknik service, yaitu :  
  • Service atas
  • Service bawah
  • Service samping

2. Passing

Passing merupakan teknik mengoper bola kepada rekan satu tim untuk dikontrol sebelum dipukul/di smash ke area lawan. Ada beberapa variasi untuk melakukan service, yaitu passing atas dan passing bawah.

3. Smash

Smash merupakan teknik memukul bola dengan sekuat tenaga mengarah ke daerah lawan. Service dilakukan dengan cepat supaya tidak bisa ditangkis oleh lawan.

4. Blocking

Blocking merupakan teknik menghalau bola yang akan dipukul atau dismash lawan guna mempersempit ruang tembak. Setelah diblocking bola bisa dipassing ke teman setim sebelum dibalikkan ke daerah lawan.

Buka Komentar