Bagian Sperma Yang Mengandung Informasi Genetik Adalah

Sebelum mengetahui bagian sperma yang mengandung informasi genetik sebaiknya kita paham dulu struktur bagian dari sperma manusia. Sperma terdiri atas kepala, badan, dan ekor sperma. Berikut ini fungsi dari bagian-bagian tersebut.

Struktur Bagian Sperma

1. Kepala Sperma

Kepala sperma berbentuk lonjong dan terdapat inti sel dengan kandungan informasi genetik berupa DNA. Informasi genetik inilah yang akan bertemu dengan informasi genetik dari sel telur yang akan menentukan apakah janin seorang laki-laki atau perempuan serta ciri fisik dan sifatnya.

Pada kepala sperma ini juga diselubungi oleh dua enzim yang membantu sel sperma untuk menembuh pertahanan reproduksi wanita. Terdapat juga enzim hialuronidase yang berfungsi untuk menembus zona pelusida.

2. Badan Sperma

Badan sperma mengandung banyak mitokondria yang berguna sebagai sumber energi bagi sel sperma. Didalam mitokondria terdapat 11 buah mikrotubulus, serta mempunyai ATP untuk menghidrolisis (mengubah ATP menjadi sumber energi.

3. Ekor Sperma

Ekor sperma berbentuk flagella yang memiliki ukuran panjang sekitar 50 mikrometer. Ukuran dari ekor sperma ini menentukan kecepatan gerak dari sebuah sperma. Selain sebagai alat gerak ekor sperma ini juga berfungsi sebagai penghalang sperma ketika sperma tersebut sudah menembuh sel telur sehingga sperma lain tidak bisa masuk sel telur.

Jadi kesimpulannya adalah bagian dari sel sperma yang mengandung banyak informasi genetik adalah kepala sperma yang terletak didalam inti sel/nukleus.

Buka Komentar