Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa (Orde Lama, Orde Baru, Reformasi)

Share:

Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara bangsa Indonesia. Dari waktu ke waktu, Pancasila selalu dijadikan dasar dan pedoman oleh seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dari setiap pergantian pemimpin sebelum era reformasi Pancasila selalu memiliki ciri khas masing-masing dari setiap pemimpin. Berikut ini penerapan Pancasila dari masa ke masa :

Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

Era Orde Lama

Pancasila pada era orde lama masih dalam pencarian hingga pada akhirnya pada tanggal 1 Juni 1945 pada sidang pertama PPKI. Pada era ini masih ada upaya untuk penggantian Pancasila dengan ideologi lain dengan bermunculan pemberontakan-pemberontakan, salah satunya adalah peristiwa G30S/PKI.

Era Orde Baru

Masa orde baru ditandai dengan upaya penerapan Pancasila secara murni. Lembaga kepresidenan mencoba menempatkan diri sebagai pusat dan pengontrol seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, termasuk lembaga legislatif dan yudikatif. Pancasila diterapkan secara menyeluruh, seperti dengan adanya pendidikan dasar Pancasila namun penerapan yang berlebihan ini menyebabkan keblabasan sehingga muncul kediktatotaran.

Era Reformasi

Era reformasi ini penerapan dari Pancasila tidak seketat pada era orde baru. Disini ideologi Pancasila dihadapkan dengan berbagai masalah tentang keberagaman yang mulai bermunculan. Penerapan Pancasila hanya sebatas pada sila-sila saja dalam pendidikan dasar sampai menengah atas tanpa memperhatikan butir-butir dan maknanya. Oleh sebab itu, pada era ini juga bermunculan kelompok yang mencoba mengganti ideologi Pancasila.

Buka Komentar