Seperti Apakah Fungsi Pancasila Bagi Kehidupan Bernegara

Pancasila merupakan dasar negera yang memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia diberbagai bidang, seperti bidang ekonomi, bidang agama, bidang sosial, bidang politik, dsb. Selain sebagai dasar negera, Pancasila juga berfungsi sebagai ideologi bangsa dan pandangan hidup bangsa.

1. Pancasila sebagai dasar negera

Dasar negara merupakan tonggak berdirinya sebuah negara, dengan kata lain Pancasila adalah dasar pondasi berdirinya bangsa Indonesia. Ibarat sebuah bangunan tanpa tiang, maka bangunan akan roboh begitu juga sebuah negara. Dengan adanya dasar negara berarti segala yang ada didalam negara harus taat kepada dasar negara Pancasila.

2. Pancasila sebagai sumber nilai 

Pancasila merupakan sumber dari nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Secara singkat nilai dapat dikatakan sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu yang kemudian dijadikan sebagai dasar untuk melakukan sesuatu tindakan. Dengan kata lain Pancasila lah yang menjadi nilai dalam setipa bertindak dan bertingkah laku dalam berbangsa dan bernegara.

3. Pancasila sebagai ideologi

Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan nilai cita-cita luhur bangsa. Sebagai warga negara yang baik kita harus melaksanakan nilai-nilai tersebut supaya cita-cita luhur bangsa bisa tercapai. Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia yang harus kita jadikan sebagai patokan dan pengarah sesuai cita-cita yang terkandung dalam butir-butir Pancasila.

4. Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Cita-cita luhur bangsa yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 alinea 4 ini merupakan pedoman bangsa Indonesia dalam membangun bangsa Indonesia kedepannya. Hal inilah yang menjadi paradigma dalam pembangunan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, makmur, dan sejahtera. Di dalam Pancasila terdapat pedoman untuk dapat mencapai cita-cita tersebut dengan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Buka Komentar