Aliran Maenpukulan Silat Cingkrik Goning | Pengertian dan Ciri

Maenpukulan cingkrik terus berkembang, dari jurus-jurus awalnya yang ada 12 jurus dan ditambah dengan sambut, mengalami perubahan dan berkembang menjadi beberapa aliran. Namun walaupun mengalami perkembangan inti dari maenpukulan cingrkik masih sama, yaitu gerakan lincah, menyerang bertahan, bertahan dan menyerang dengan gesit.
Berkembangan jurus gerakan cingkrik bervariasi dan fleksibel sesuai dengan guru yang mengajarkan. Misalkan da perkembangan jurus yang menitik beratkan bagian atas, seperti gerakan menotok, menggunakan serangan tangan dan jari dengan sasaran data, uulu hati, dan muka.

Pengertian Cingkrik Goning


Cingkring Goning adalah sebuah aliran maenpukulan cingkring yang dikembangkan oleh Kong Goning, maka dari itu namanya Cingkring Goning. Kong Goning memiliki nama asli Ainin Bin Urim lahir tahun 1895 dan meninggal pada tahun 1975. Beliau sering dipanggil "Nin" lalu berubah menjadi "Ning", oleh orang betawi ditambah nama ejekan "Go" sehingga menjadi "Goning".

Ciri-Ciri Silat Cingkring Goning

  1. Menggunakan satu kaki sebagai tendangan pamungkas
  2. Mengandalkan kecepatan gerakan
  3. Gerakan gesit dan lincah
  4. Ada teknik Sambut
Aliran Goning juga memiliki kelebihan, yaitu gerakan teknik bantingan secara berpasangan yang dinamakan "Sambut". Teknik Sambut juga menjadi ciri dari aliran Goning. Jika dipelajari dengan tekun ada sekitar 80 teknik bantingan dalam aliran Goning.

Buka Komentar