Daftar Perangkat Untuk Bisa Terhubung Dengan Internet | Kegunaan dan Fungsinya

Untuk bisa menggunakan internet anda membutuh perangkat yang sudah didesain supaya bisa digunakan untuk berinternetan. Zaman sekarang ini kita sudah bisa mudah berinternetan dengan smartphone tanpa harus menggunakan laptop atau pc.
Di zaman yang maju akan teknologi ini kita dipermudah dalam mengakses internet terlebih lagi dengan biaya yang cukup terjangkau. Tidak zaman dulu yang membutuhkan perangkat bermacam-macam. supaya dapat terhubung internet. Berikut ini perangkat yang diperlukan agar dapat berinternetan.


Perangkat yang Dibutuhkan untuk Akses Internet

A. Perangkat keras (Hardware)

1. Komputer/Laptop
Komputer/laptop adalah hal yang utama dan mutiak sebagai syarat untuk mengakses internet. Spesifikasi komputer/laptop yang digunakan dan koneksi melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet

2. Smartphone
Selain menggunakan komputer kini berinternetan bisa menggunakan smartphone yang sudah canggih-canggih. Sekarang ini semua smartphone pastinya sudah didesain agar bisa digunakan untuk mengakses internet.

3. Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator (modulasi demodulasi), yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis komputer menjadi suara atau audio (modulasi) sehingga dapat dikirim melalui telepon. 
Baca juga: Mengenal Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya di Dunia dan Indonesia
4. Kabel Telepon,
Saluran telepon merupakan salah satu syarat yang paling utama untuk akses internet. Saluran telepon ini digunakan jika anda ingin berlangganan paket internet untuk rumahan, seperti Indihome, Biznet, dll.

5. ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah sebuah badan atau organisasi yang menyediakan pelayanan jasa internet. Jika kita ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem atau kartu internet maka anda harus mendaftarkan diri kepada penyedia internet. ISP di Indonesia seperti: Telkom, Indosat, XL, Smartfren, dll.

B. Perangkat lunak (Software)

Software dibutuhkan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, kita tidak dapat mengakses internet. Kebutuhan software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan

1. Browser
Browser adalah software yang digunakan untuk berselancar di internet. Browser digunakan untuk mengakses url situs internet yang ingin dikunjungi. Sekarang ini sudah banyak browser yang bisa digunakan, seperti Mozilla, Microsoft Edge, UC Browser, Chrome, dll.


2. Aplikasi Sosmed
Nah mengakses internet dengan browser, kalian juga bisa mengakses internet dengan menginstal aplikasi sosial media supaya terhubung dengan internet. Aplikasi sosmed yang cukup banyak digunakan saat ini ialah Facebook, Instagram, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Buka Komentar