Deskripsi Cara Mengakses dan Menggunakan Internet

Share:

Bagaimana cara menggunakan internet? Deskripsi menggunakan internet seperti apa? Untuk menggunakan internet hal pertama adalah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet, perangkat tersebut meliputi perangkat keras dan lunak.
Baca juga: Daftar Perangkat Untuk Bisa Terhubung Dengan Internet
Ada tiga tahapan utama dalam rangka instalasi program untuk menyiapkan diri sebagai pemakai atau user dalam hubungan jenis sistem PPP (Point-to-Point Protocol), yaitu:
  1. Menyiapkan spesifikasi Modem yang digunakan untuk menentukan Protokol Jaringan Khusus TCP/IP
  2. Menentukan Dial-Up Networking untuk menghubungi komputer server ISP 
  3. Siap OS perangkat lunak, seperti windows atau IOS.


1. Menginstal Modem

Untuk cara menginstal modem di komputer/laptop sangatlah mudah. Silakan kalian cari file drive untuk instal modem. Klik 2x drive instaler modem lalu pilih bahasa dan lokasi penyimpanan file modem, lalu tinggal klik next saja.

2. TCP/IP

Program atau Software yang menyediakan hubungan PPP menggunakan protocol jaringan kerja khusus, yang disebut dengan Transmition Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/ IP). TCP seting Anda lalui saat menggunakan internet. TCP/lP ini harus disiapkan dahulu hubungannya saat kita akan melakukan Dial-up Networkin.
Baca juga: Mengenal Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

3. Program Dial-Up Networking

Untuk menyediakan program yang menyebabkan kita dapat menghubungi ISP dengan nomor IP DNS yang ditentukan oleh TCP/IP, dilakukan dengan menggunakan Modem sesuai spesifikasi yang ditentukan dan sambungan telepon yang tersedia. Langkah-langkah dalam menentukan properti program Dial-Up Networking adalah sebagai berikut:
  1. Klik icon atau menu Dial-Up Networking pada menu Accessories
  2. Klik icon Make New Connection
  3. Setelah muncul kotak Dialog Properties, tentukan nama . Conection yang digunakan dalam Shortcu
  4. Selanjutnya kita tentukan jenis Modem yang akan digunakan
  5. Kemudian tentukan di mana Anda melakukan Dial-Up, kemudian kode lokasi telepon serta nomor telepon dari komputer server ISP yang dituju.
  6. Kemudian masukkan nama user atau login hak akses Anda ke Internet serta password yang digunakan.
Dengan langkah-langkah tersebut di atas, maka akan tercipta Shortcut baru dengan nama sesuai dengan yang ditentukan. Selanjutnya, kita tinggal menggunakan Shortcut ini untuk proses Dial-Up Networking.

Buka Komentar