Jenis-Jenis Jaringan Internet Beserta Dengan Penjelasan dan Fungsinya

Share:

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. 

Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan dapatanya terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya, misalnya CDROM, printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling ber. komunikasi secara elektronik. 


Source image: https://aptika.kominfo.go.id/

Komputer yang terhubung tersebut dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah. Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu sebagai berikut:

Macam-Macam Jaringan Internet

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrlk-pabrik untuk memakai bersama sumber daya dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya rnenggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel..

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) memiliki jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, sering kali mencakup sebuah negara, bahkan benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemaka.

4. Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak dapat dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabell. Misalnya, orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di dalam mobil atau pesawat terbang maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan.

Hal ini karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini, jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan.

Alasan Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Infomasi

  • Dapat selalu berhubungan dengan teman, relasi, keluarga, kolega yang berada di seluruh dunia dengan biaya murah
  • Dengan banyak news group internet, Anda dapat bergabung dan berdiskusi mengenai berbagai topik yang sangat komplek macamnya
  • Ribuan database teks, suara, gambar dimanapun berada, dapat anda lihat dan dengar dengan mudah.
  • Dapat membuka segala jenis dokumen, file, baik dari cerita biasa sampai dengan dokumen intelektual dan aktual secara gratis dan bebas.
  • Dapat bermain game secara interaktif, bahkan dengan teman surfing internet yang berada di tempat lain.

Buka Komentar