Kelebihan dan Kekurangan Beriklan Melalui Internet | Digital Advertising

Share:

Iklan mungkin kalian sudah sering melihatnya baik di TV atau iklan yang muncul di internet yang kalian lihat saat ini. Iklan tetap saja iklan sama-sama menawarkan produk atau jasa, namun iklan di TV dan di internet cukup berbeda.

Jika iklan di TV harga untuk iklannya ditentukan oleh rating sedangkan iklan di internet ditentukan oleh faktor yang lain. Iklan di TV muncul bisa ketika jeda acara, dibawah acara yang sedang tampil atau kapanpun, sedangkan iklan di internet muncul menempel dalam artikel atau melayang.

Kelebihan dan Kekurangan Beriklan Melalui Internet | Digital Advertising

Dari perbedaan tersebut maka kita sudah bisa menarik kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan iklan yang tampil di televisi atau yang tampil di internet. Berikut ini kelebihan dan kekurangan iklan melalui internet:

Kelebihan Iklan Melalui Internet

1. Murah
Jika dibandingkan dengan beriklan di TV, radio dan surat kabar, beriklan di internet dengan media Google Adsense, Facebook Ads, Instagram Ads dan marketplace ternyata bisa lebih murah. Hal ini karena iklan memiliki cara kerja sendiri serta bisa lebih tertarget kepada siapa iklan ditujukan.

2. Gratis
Selain murah, melalui internet kita bisa beriklan dengan gratis. Seperti dengan menggunakan sosial media facebook/intagram/pinterest. Terkadang advertiser seperti Facebook ads dan Google Adsense juga memberikan kredit untuk beriklan gratis.

3. Akses Yang Luas dan Tertarget
Beriklan secara online memiliki akses yang luas sampai belahan ujung dunia. Serta lebih tertarget kepada siapa iklan ditujukan. Pernah kalian mendapatkan peringatan cookies browser? Itu adalah cara supaya iklan yang ditampil sesuai dengan keinginan anda dan relevan.

Kekurangan Iklan Melalui Internet

1. Sulit Menargetkan Pasar Bagi Pemula
Iklan melalui internet diperlukan pengetahuan periklanan untuk bisa menargetkan pasar supaya tepat sasaran sehingga tidak merugi atau iklan tidak menghasilkan apapun. Misalkan jika iklan muncul dan menuju situs anda melalui iklan hanya untuk melihat tanpa membeli produk maka anda sudah kehilangan target pasar bayangkan jika ribuan pengunjung melakukan hal yang sama. 

2. Lebih Cocok Untuk Produk Digital
Memanfaatkan internet untuk beriklan lebih cocok jika memasarkan produk digital karena pengunjung bisa lebih tertarik. Apalagi jika sediakan trial untuk produk yang dipasarkan.

3 Sulit Untuk Memaksimalkan Iklan
Kurangnya pengetahuan untuk mengembangkan iklan membuat sulitnya mengembangkan iklan yang sudah dibuat atau akan dibuat untuk iklan selanjutnya. Maka diperlukan analisa untuk iklan yang sudah tayang atau analisa data yang diberikan oleh penyedia jasa periklanan digital.

Buka Komentar