Media Jaringan Supaya Bisa Terhubung Dengan Internet

Supaya dapat terhubung dengan layanan internet maka kita harus menghubungkan perangkat kita, smartphone atau komputer dengan jaringan-jaringan yang tersedia. Selain menggunakan jaringan internet kita juga bisa menggunakan media lain seperti kabel telepon atau fiber.

Jaringan-jaringan tersebut tentunya adanya berbayar namun ada juga yang gratisan, seperti jaringan Wifi. Untuk bisa mendapatkan Wifi gratis kalian bisa mengunjungi tempat-tempat umum yang biasanya menyediakan wifi gratis, seperti cafe, mall, dll. Berikut ini jaringan internet supaya kalian bisa terhubung dengan internet. 

1. Melalul Jaringan

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut. 


Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon atau melalui antena. Adapun untuk menghubungkan komputer ke komputer saver dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel UTP.
Biaya akses internet dengan jaringan relatif lebih murah karena biaya koneksi ditanggung oleh beberapa komputer. Itulah sebabnya biaya yang kita keluarkan untuk mengakses internet dari warnet lebih murah daripada biaya akses dari rumah dengan menggunakan kabel telepon.

2. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)

Cara termudah untuk menghubungkan komputer kita ke internet adalah dengan menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dial up. Cara ini memiliki keunggulan karena mempunyai jaringan yang luas. Asal kita memiliki kabel telepon, modem, dan ISP maka kita dapat mengakses internet.

Saat ini koneksi internet dengan dial up telah didukung oleh teknologi kompresi data sehingga kecepatan akses dapat ditingkatkan menjadi 4-5 kalinya dari biasanya. Teknologi tersebut dikenal dengan teknologi Power Surf Dial Up.

3. Menggunakan Jaringan GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) memiliki mampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. Kebutuhan industri akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini. 


Sistem pentarifan layanan GPRS dilakukan bukan berdasarkan lamanya penggunaan, tetapi besarnya data yang ditransfer. Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet dari mana saja, yang penting adalah kita memiliki sebuah komputer, telepon selular yang dilengkapi fasilitas GPRS dan sebuah SIM card yang menyediakan jasa layanan GPRS. 

4. Melalui WiFi

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2, 4 GHz. Kita dapat terhubung ke internet dengan WiFi menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card). 

Dengan menggunakan WiFi, kita dabat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet dengan kecepatan hingga 11 Mbps. Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan WiFi. Namun, kita harus. berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi. Dengan Wifi kita juga bisa mendapatkan akses internet gratis yang bisa ditemui ditempat-tempat umum.
Baca juga: Daftar Perangkat Untuk Bisa Terhubung Dengan Internet
Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot,antara lain sebagai berikut:
  1. Access point (titik akses)
    adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan ethemet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayani pengguna sebanyak 128 orang.
  2. Access controller (pengendali akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek, apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
  3. Internet link
    adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Intemet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi tersebut digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi. K

5. Menggunakan Jaringan TV Kabel

Menggunakan jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internet telah banyak dilakukan. Cara ini dinilai pas terutama bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.

Biasanya biaya yang dikeiuarkan untuk akses internet dengan TV kabel merupakan satu paket dengan layanan TV kabelnya. Oleh karena itu, pengguna jaringan TV kabel bebas berinternet tanpa harus menambahkan biaya pengeluaran.

Buka Komentar