Mengenal Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

Perkembangan internet di dunia sangatlah cepat, mulai dari internet yang awal kemunculannya digunakan oleh departemen pertahanan untuk mengamankan data. Sekarang internet bisa digunakan dalam berbagai hal yang belum pernah dibayangkan oleh manusia.
Semakin berkembangnya internet maka berkembanglah pula pola pikir dan kemajuan manusia. Di lain menikmati perkembangan internet yang sekarang, alangkah baiknya jika mengetahui perkembangan dan sejarah internet.

Pengertian Tentang Internet

Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga ferhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di dalamnya secara gratis. 


Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer keskomputer lain tanpa dibatasi jarak fisik kedua komputer, dua komputer yang sama-sama terhubung internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu relatif cepat.

Sejarah Perkembangan Internet

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalarn satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. 

Pada bulan Oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama. Pada tahun 1965 dengan bantuan dana ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. 

Mereka menghubungkan komputer TX2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telephone. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telephone dapat melewatkan data namun masih saja ada kendala yakni mahalnya biaya telephone. Kleinrock memprediksikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antar dua komputer yang paling memungkinkan.

Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas. yang mendanai & percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET.

ARPANET pertama kali online di tahun 1969 yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Amerika Serikat, antara lain Universitas of California Los Angeles (UCLA), Stanford Research Institute, University of California Santa Barbara, dan University of Utah.

Pada bulan Juni 1970 beberapa universitas dan lembaga lain seperti MIT, Harvard, BBNSDC di Santa Monica ikut bergabung. Selanjutnya di tahun 1971 giliran Stanford, Lincoln Labs milik MIT, Camegie-Mellon, NASA/Ames, Miter, Burroughs, RAND, dan universitas Illinois juga ikut bergabung.

Pada tahun 1971 juga The Networking Group menyelesaikan protokol Telnet, sehingga dapat mengakses komputer dari jarak jauh, selain itu juga meraih' kemajuan dengan penyelesaian PTP untuk mendownload file.

Pada tahun 1972 Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol "@" untuk menghubungkan nama pengguna (user name) dan e-mail address. Pada tahun 1980 simbol tersebut dipakai sebagai standar penulisan e-mail.

Permasalahan timbul karena begitu banyaknya komputer yang berbeda dan harus dihubungkan, karena itu dibentuklah TCP/ IP oleh Vinton Cerf dari Stanford 'dan Bob Kahn dari DARPA, protokol tersebut memungkinkan dua komputer yang berbeda tersebut saling terkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Pada tahun 1986 lahirlah NSFNET (National Center of Supercomputing Application) yang menghubungkan _semua lembaga riset. Saling berhubungan antara riset yang satu dengan yang lainnya membentuk sebuah jaringan yang satu dengan yang lainnya membentuk sebuah jaringan yang sangat luas dengan memanfaatkan fasilitas komputer.

Jaringan-jaringan tersebut akhirnya terisi dengan sistem informasi yang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Hubuhgan-hubungan antar jaringan tersebutlah yang kemudian melahirkan internet. Dengan memanfaatkan jaringan, kita bebas mengakses informasi seluruh dunia, hanyadengan duduk di ' depan kompater sambil klik tombol mouse pada layer komputer. Karena kemudahan dan fasilitas yang sangat menarik, pemakai internet saat ini  semakin meningkat pesat.

Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup, pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andressen bersama timnya di National Center For Supercomputing Applications (NCSA), Marc Andressen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi biak di belakang Netscape Corp yang menjadi browser paling sukses, sampai akhirnya Microsoft mengeluarkan Microsoft Internet Explorer, dan berkembang menjadi Microsoft Edge sekarang ini.


Microsoft edge 2020

Saat ini 16, 56% penduduk seluruh dunia telah terhubung dengan internet, tidak ketinggalan dengan negara Indonesia. Internet mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1995 . dengan pengguna sebanyak 10.000 orang, meningkat 10 kali lipat di tahun 1997, dan tahun 2000 sudah digunakan oleh 2.009.000 orang. 

Sampai dengan tahun 2005 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 18.000.000 orang. Sehingga Indonesia merupakan negara pengguna internet terbesar ke-15 dari seluruh dunia, sementara dengan negara Asia, Indonesia adalah negara terbesar kelima pengguna internet setelah China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Perangkat Supaya Bisa Terhubung Internet

Untuk dapat terkoneksi antara satu komputer dengan komputer lainnya di seluruh dunia, sehingga membentuk satu jaringan yang global,maka diperlukan beberapa hal berikut ini.
  1. Perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan
  2. Instalasi dial-networking
  3. Instalasi dial-up adapte
  4. Instalasi TCP/IP
  5. Pengisian data TCP/IP
  6. Instalasi modem
  7. Pembuatan shorcut untuk koneksi ke internet
  8. Koneksi ke internet.

Buka Komentar