Pengertian Sumber Daya Alam dan Jenis-Jenisnya

Dalam kehidupan sehari kita pastinya sudah menikmati sumberdaya alam. Sumberdaya alam ini merupakan anugerah dari Tuhan untuk mensejahterakan kehidupan manusia. Namun faktanya terkadang sumberdaya alam hanya dikuasai oleh segelintiran oknum. 

Agar sumberdaya alam bisa dinikmati bersama maka diperlukan pengelolaan yang baik. Sehingga sumberdaya alam bisa dinikmati oleh semua orang dan benar-benar menyejahterakan kehidupan manusia. Lalu apa sumberdaya alam itu? Contohnya seperti apa? Berikut penjelasannya.

Pengertian Sumber Daya Alam


Sumber daya alam adalah semua yang terkandung didalam alam didalam planet bumi, baik itu benda hidup maupun benda mati yang bisa digunakan oleh manusia untuk mensejahterakan manusia. Sumber daya alam sangat bernilai dan berguna bagi manusia.Dengan adanya SDA / sumberdaya alam kehidupan manusia bisa terus berkembang dan semakin maju. 

Misalkan jika dulunya belum mengenal aluminium, setelah ditemukan aluminium manusia lebih mudah dalam melakukan kegiatan dengan perobatan aluminium. Contoh lainnya seperti manusia butuh makan, maka kita bisa mengambil sumberdaya alam berupa tumbuhna atau hewan.

Pembagian Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

A. SDA Berdasarkan Dapat/Tidaknya Diperbarui

1. Bisa Diperbarui
Sumber daya alam ini mengalami pembaruan atau bisa kembali dalam rentang waktu tertentu. Proses pembaruannya bisa secara alami atau dengan peranan manusia. Misalkan air yang secara alami diperbaharui oleh alam. Namun pada benda hidup seperti hewan perlu pembaruan dengan reproduksi.

2. Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya ini memiliki jumlah yang terbatas maka dari itu sumber daya ini tidak dapat diperbarui jika sudah habis.Maka dari itu, manusia harus bijak dalam menggunakannya. Contoh sumber daya ini adalah sumber daya fosil seperti minyak bumi dan batubara.

B. SDA Berdasarkan Materi

1. Organik
Sumber daya ini berasal dari benda hidup, nama lain dari sumber daya ini adalah hayati. Benda hidup sebagi sumber daya alam ialah tumbuhan dan hewan.

2. Anorganik
Sumber daya ini merupakan sumber daya non hayati yang berasal dari benda yang tidak hidup yang bisa berwujud cari, gas, atau padat. Sumberdaya ini misalkan seperti bahan mineral atau bahan tambang.

C. SDA Berdasarkan Tempat Didapatkan

1. Terestria
Sumber daya ini didapatkan dari daratan bumi, bisa dipermukaan atau didalam bawah tanah. Misalkan tanah bisa digunakan untuk pertanian atau batubara yang bisa digunakan untuk PLTU.

2. Akuatik
Dari katanya, sumber daya ini berasal dari lautan/air. Sumber daya ini misalkan ikan yang bisa diambil dari laut atau penambangan minyak lepas pantai.

Buka Komentar