Penyebab Runtuhnya Kerajaan Kediri (Penjelasan Lengkap)

Kerajaan Kediri runtuh karena dikalahkan dalam pertempuran Ganter, oleh pemberontakan Ken Arok. Ken Arok yang berhasil mengalahkan kerajaan Kediri kemudian mendirikan kerajaan baru, yaitu kerajaan Singasari dengan dia sebagai rajanya.

Penjelasan

Kerajaan Kediri yang juga dikenal sebagai Kerajaan Panjalu adalah kerajaan Hindu di pulau Jawa yang berpusat di Jawa Timur yang berdiri pada tahun 1042 - 1222. Ibukota berada disebelah barat sungai Brantas dekat kota Kediri.

Kerajaan Kediri meruapakan kelanjutan dari Dinasti Isyana yang dipimpin oleh raja Airlangga. Pada tahun1045, raja Airlangga membagi kerajaan Kahuripan menjadi dua, yaitu Panjalu (Kediri dan Janggala. Kedua kerajaan ini lalu disatukan oleh raja Kediri yaitu Jayabaya. Raja Kediri yang terakhir adalah Kertajaya.
Raja Jayabaya & Ramalan Jangka Jayabaya
 Pada perang Ganter tahun 1222, Kertajaya kalah dengan Ken Arok dan terpaksa menyerahkan tahtanya. Ken Arok lalu mendirikan kerajaan baru yaitu Singarasi yang menandakan berakhirnya kerajaan Kediri. Ken Arok memulai dinasti baru, yaitu Rajasa dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Bhatara Amurwabhumi. Kerajaan Singasari berpusat di Singasari yang kini menjadi kota Malang.

Buka Komentar