Peran dan Manfaat Internet dalam Memudahkan Pelayanan Perbankan

Share:

Internet memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kemajuan zaman umat manusia. Selain memudahkan dalam mengakses dan mendapatkan informasi internet juga berperan dalam dunia ekonomi, terutama perbankan.

Dalam dunia perbankan mungkin kita sudah mengenal yang namanya internet banking, mobile banking, sms banking, dan masih banyak fitur baru lainnya karena internet. Lalu apasih internet banking itu?

Pengertian Internet Banking

Intemet banking sering juga dikenal dengan sebutan Electronic Banking, Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. 

Manfaat dan Keuntungan Internet Banking

Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank karena nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Keuntungan yang lain, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asalkan tersedia internet).

Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Internet banking akan mengurangi nasabah yang datang ke bank, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan.

Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, dan lain sebagainya. Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM.


Saat ini sudah banyak bank yang menggunakan internet banking untuk melakukan pelayanan secara online. Baik bank dalam negeri maupun luar negeri, sebut saja bank BRI yang memiliki fitur Internet Banking BRI, bank Mandiri yang memiliki fitur Mandiri Online, dan bank-bank lain yang memiliki fitur yang diwujudkan dalam web atau aplikasi.

Buka Komentar