Peran Internet Dalam Dunia Pendidikan dan Pembelajaran Online

Share:

Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas di luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. Di Indonesia juga terdapat universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya saja Universitas Terbuka.

Dahulu belajar jarak jauh dilakukan dengan cara belajar mandiri. Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirimkan bahan-bahan pelajaran berupa buku, kaset dan video kepada para siswa untuk dipelajari.


Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa, diberikan latihan dan ujian yang harus dikerjakan. Latihan dan ujian tersebut harus dikerjakan dan dikirimkan kembali oleh para siswa. Sistem belajar seperti ini sebenarnya jauh dari sempurna. Dalam belajar seseorang membutuhkan:
  • Interaksi atau komunikasi langsung dengan guru
  • Interaksi atau komunikasi dengan sumber belajar
  • Interaksi atau komunikasi dengan sesama siswa
Jika salah satu dari hal tersebut tidak terpenuhi, maka hasil yang diperoleh tidak maksimal. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang. Komunikasi audiovisual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi verbal dan non-verbal terjadi secara langsung 
Kemampuan dan karakteristik internet tersebut memungkinkan internet dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif. Hasil yang diperoleh pun menjadi lebih baik.

Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain:

Faktor Pendukung Internet Sebagai Media Belajar

I . Institusi Penyelenggara

Agar dapat memanfaatkan internet sebagai media belajar, institusi penyelenggara harus memiliki komitmen yang kuat. Hal ini ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung. Institusi juga harus menyediakan dana yang cukup demi terselenggaranya pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan internet. 

Institusi harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya proses belajar. Disamping itu, institusi juga harus menyediakan sumber daya manusia dan keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar-mengajar yang baik .

2. Pengajar

Keberhasilan proses belajar jarak jauh sangat tergantung kepada para pengajar. Para pengajar harus mempunyai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses belajar mengajar. Para pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar menarik dan mudah dipaharni. Karena bagaimanapun belajar melalui internet tidaklah sama dengan belajar secara konveneional. 
Para pengajar juga perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan. Dengan demikian para pengajar dapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif.

3. Siswa

Siswa harus mempunyai komitmen dalam proses belajar. Selain itu siswa harus dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan internet. Dengan demikian, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.

4. Teknologi

Teknologi yang ada saat ini memungkinkan untuk dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai. Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.

Buka Komentar