Peran Internet Service Provider (ISP) dan Penyedia ISP di Indonesia

Internet tidak hanya sebuah mesin atau server jaringan kerja yang dapat dihubungi setiap orang. Internet adalah sebuah kumpulan jaringan kerja yang semuanya dihubungkan dengan melalui gerbang khusus (gateway) yang memungkinkan berbagai macam jaringan kerja saling berkomunikasi. 

Untuk dapat melakukan hal tersebut, kita tidak sekedar mempunyai alat atau hardware komunikasi ke internet tetapi kita harus mempunyai ijin akses. Hal ini disebabkan seluruh pemakai Internet ataupun server diorganisasi secara maksimal, antar lain pemberian account oleh subnet atau provider berupa user name dan password.


Setelah masuk ke dalam koneksi ISP, selanjutnya kalian bebas menggunakan layanan yang tersedia. Untuk dapat terhubung ke internet maka kita harus memiliki komputer, modem, jaringan telepon, dan mendaftar pada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan intemet (Internet Service Provider).
Baca juga: Mengenal Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

Penyedia ISP di Indonesia

Cara yang paling mudah bagi kita untuk memperoleh akses ke internet adalah dengan menghubungi Penyedia ISP. Sebuah penyedia ISP umumnya mengoperasikan sistem jenis papan buletin yang berisi informasinya sendiri atau infomasi layanan lain di seluruh dunia. Berikut adalah penyedia ISP di Indonesia.
  • Biznet
  • First Media
  • MNC Play Media
  • MyRepublic
  • Telkom

Buka Komentar