Spesifikasi Nama Alat Pelindung Diri (APB) Yang Digunakan Tenaga Medis

Share:

Apa saja nama Alat Pengaman Diri (APD) yang digunakan oleh dokter dan perawat saat menangani pasien penyakit menular?​  - Alat pelinding diri atau APB merupakan alat penutup yang digunakan oleh tenaga medis untuk melindungi diri dari penularan penyakit. Hal ini karena mereka juga berpotensi untuk tertular penyakit yang sama, maka mereka perlu memakai APB selama merawat pasien.

APB biasanya dipakai tenaga medis ketika memasuki ruang isolasi pasien. Dengan APB maka potensi tertular penyakit menjadi kecil. APB memiliki banyak komponen yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut spesifikasi komponen Alat Pelindung Diri (APB)

Spesifikasi Komponen Alat Pelindung Diri (APB)

1. Pelindung Wajah
Pelindung wajah ini digunakan untuk melindungi seluruh wajah. Pelindung wajah berupa kaca plastik bening yang antikabut dan antigores. Alat ini dihubungkan ke bagian kepala alat lain dengan karet yang dapat disetel.

2. Kacama Pelindung
Selain menggunakan pelindung wajah pening, APB juga dilengkapo dengan kacamata khusus. Kacamata ini antikabut dan antigores, tersambung dengan ventilasi terpisah supaya tidak bercampur dengan udara yang mungkin terkontaminasi\.

3.Pelindung Kepala
Digunakan untuk melindungi kepala. Pelindung wajah ini berbentuk seperti kain yang hanya digunakan sekali pakai. Bahan yang dipakai anti cairan dan tidak menyerap.

4. Baju APB
Digunakan sekali pakai, memiliki warna yang mencolok. Memiliki berbagai macam variasi ukuran sesuai pemakai. Baju APB anticarian, sehingga tidak menyerap cairan apapaun, seperti darah dan bahan kimia.

5. Sarung Tangan Karet
Sarung tangan karet yang digunakan memiliki 2 lapisan, lapisan yang kedua/terluar menutupi hingga siku tangan. Sarung tangan ini tentunya juga anticairan.

6. Sepatu Bot
Berbahan karet dan anticairan serta sol bawah tidak licin. Digunakan untuk menutup seluruh pergelangan kaki.


Buka Komentar