Perubahan Wujud Benda atau Zat Beserta Contohnya



Perubahan ini terjadi karena adanya penyerapan atau penambahan kalor. Perubahan wujud zat terjadi disaat titik tertentu tercapai oleh atom/senyawa zat yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Misalnya air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya, dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya.

Jenis Perubahan Wujud

Perubahan wujud zat digolongkan menjadi seperti berikut ini:

1. Mencair

Mencair ialah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini, zat memerlukan energi panas. Contohnya adalah pada batu es yang berubah menjadi air ketika didiamkan ditempat terbuka atau panas, lilin yang dipanaskan juga akan meleleh, dan es krim yang dibiarkan di ruang terbuka, akan mencair dengan sendirinya.

2. Membeku

Membeku ialah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contohnya yaitu air yang dimasukkan dalam freezer akan menjadi es batu, atau lilin cair yang didinginkan.

3. Menguap

Menguap ialah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat membutuhkan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan pasti akan habis, bensin yang dibiarkan berada di tempat terbuka lama-kelamaan juga akan habis atau berubah menjadi gas.

4. Mengkristal

Mengkristal ialah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa mengkristal adalah berubahnya uap menjadi salju.

5. Mengembun

Mengembun ialah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah teko/ gelas maka bagian luarnya akan terdapat bintik bintik air yang mengumpul dan basah, atau rumput di depan rumah pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.

6. Menyublim

Menyubkim ialah peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim adalah kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-kelamaan akan habis.


Nah ini guys jenis- jenis perubahan wujud pada benda, terimakasih telah mampir, saya doakan semoga ilmunya manfaat, amin.

Buka Komentar