Rumus Bangun Datar Matematika lengkap

 


Pengertian Bagun Datar

Menurut Imam Roji bangun datar adalah suatu bagian dari bidang datar yang telah dibatasi oleh garis – garis lurus maupun lengkung sehingga bisa disimpulkan bahwa bangun datar ini merupakan bangun 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar dan telah dibatasi oleh garis lengkung dan garis lurus.


A. Rumus Persegi

Persegi adalah bangun datar yang semua sisinya memiliki panjang yang sama,dan untuk Rumus Luas dan Keliling Persegi bisa perhatikan berikut ini :

Rumus Luas Persegi : s x s (s²)/ sisi x sisi

Rumus Keliling Persegi : 4 x s (s adalah sisi)

B. Rumus Persegi Panjang

Persegi Panjang yaitu bangun datar yang mempunyai sisi yang berhadapan sama panjang dan memiliki empat titik sudut yang siku – siku. Untuk Rumus Luas Persegi Panjang dan Rumus Keliling Persegi Panjang bisa bisa perhatikan berikut ini :

Rumus Luas Persegi Panjang :  p x l (panjang x lebar)

Rumus Keliling Persegi Panjang : 2 x (panjang + lebar)

C. Rumus Jajar Genjang

Jajar Genjang adalah Bangun datar Segi empat yang mempunyai sisi satu pasang yang sama panjang dan sejajar. Untuk Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang bisa kita perhatikan di bawah ini :

Rumus Luas Jajar Genjang : a x t (alas x tinggi)

Rumus Keliling Jajar Genjang : AB + BC + CD + AD

D. Rumus Trapesium

Trapesium adalah bangun datar Segi Empat yang memiliki satu pasang sisi yang sejajar. Untuk Rumus Luas dan Keliling Trapesium bisa perhatikan dibawah ini :

Rumus Luas Trapesium : ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi

Rumus Keliling Trapesium : AB + BC + CD + DA

E. Rumus Layang – Layang

Layang – Layang adalah Bangun datar Segi empat yang salah satu diagonalnya bisa memotong tegak lurus dengan sumbu diagonal yang lainnya. Untuk Rumus Luas dan Keliling Layang – Layang bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Layang – Layang : ½ x diagonal 1 x diagonal 2

Rumus Keliling Layang – Layang : 2 x (AB + BC)

FRumus Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang dibentuk oleh tiga titik yang mana titik tersebut tidak segaris. Untuk Rumus Luas dan Keliling Segitiga bisa perhatikan dibawah ini :

Rumus Luas Segitiga : ½ x  alas x tinggi

Rumus Keliling Segitiga : AB + BC + AC

G. Rumus Belah Ketupat